Ini Alasan Menabung untuk Rumah Harus dari Sekarang!

Jangan jadikan usia muda Anda sebagai alasan untuk menunda menabung untuk membeli rumah minimalis. Memang, di usia muda masih banyak hal yang ingin Anda lakukan, dan tentu itu juga memerlukan uang dengan jumlah yang tidak sedikit pula. Kadang juga, ada beberapa orang yang salah menaruh prioritas. Misalnya, mereka lebih memilih untuk membeli kendaraan mewah terlebih dahulu. Padahal, rumah merupakan kebutuhan pokok dan jelas lebih dibutuhkan dibandingkan dengan mobil mewah. Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa Anda harus mulai menabung dari sekarang!

  1. Cari Tanah Semakin Susah

Meskipun Indonesia adalah negara yang cukup luas wilayah daratannya, tapi tentu saja. Semakin lama, semakin banyak orang dan tentu juga semakin banyak tanah yang digunakan. Karena itu, dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, semakin banyak tanah yang dibutuhkan dan menyebabkan harga tanah itu sendiri juga akan semakin mahal. Pada saat ini saja, untuk mencari tanah kosong di daerah yang cukup strategis sudah sangat sulit. Kalaupun ada, pasti sang pemilik menuntut harga yang sangat mahal. Solusinya adalah dengan mencari tanah di daerah yang masih cukup sepi.

  1. Investasi

Pada saat ini, bentuk investasi tidak terbatas hanya pada bentuk saham, emas atau hal lainnya. Anda juga bisa membeli rumah dan menjadikan rumah tersebut sebagai aset investasi untuk Anda. Misalnya, dengan menjadikannya sebagai kamar kos jika letaknya strategis dengan kampus atau perkantoran. Anda juga bisa menyewakan rumah Anda ke orang lain. Investasi seperti ini cukup menjanjikan di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa menjual rumah tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi.

  1. Jangan Andalkan Fasilitas

Bagi beberapa orang memang ada yang bekerja di instansi atau perusahaan tertentu yang menyediakan fasilitas tempat tinggal. Meskipun begitu, Anda tidak boleh terlalu mengandalkan fasilitas tersebut. Memang, saat Anda masih bekerja di perusahaan tersebut, fasilitas itu bisa Anda dapatkan. Tapi bayangkan jika Anda sudah tidak bekerja di perusahaan itu karena alasan-alasan tertentu yang mungkin di luar dugaan. Karenanya, Anda juga perlu mempersiapkan rumah pribadi Anda.

  1. Modal Nikah

Ada beberapa orang tua yang menjadikan kepemilikan rumah sebagai indikator seseorang sudah cukup dewasa dan dapat menikah. Sehingga tak sedikit orang tua, terutama dari pihak perempuan yang menuntut sang calon suami untuk memiliki rumah terlebih dahulu baru boleh menikahi anaknya. Lagi pula, setelah berkeluarga, tentu akan jauh lebih enak dan nyaman jika memiliki tempat tinggal sendiri daripada harus bergantung dengan orang lain, seperti tinggal di rumah orang tua. Lagi pula, Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk membangun sebuah keluarga, bukan?

  1. Lebih Hemat

Tentu, dengan mempunyai rumah sendiri akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mengontrak rumah. Hal ini karena ada beberapa rumah yang ternyata cicilannya tidak jauh berbeda dengan harga sewa rumah untuk setiap bulannya. Walau memang untuk DP awal membutuhkan uang yang lebih banyak sekitar 20-30%. Tapi tetap, rumah tersebut adalah milik Anda, tidak seperti mengontrak rumah.

Mungkin ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda harus mengontrak rumah terlebih dahulu, tapi cobalah untuk menabung sedikit lebih banyak untuk bisa membeli rumah sendiri.

  1. Beli Mendadak = Shock

Mungkin Anda lebih memilih untuk membeli rumah secara langsung karena gaji Anda yang besar. Tapi Anda juga perlu pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Ada beberapa kebutuhan yang perlu Anda cukupi setiap bulannya. Seperti biaya makan sehari-hari, keperluan rumah tangga, listrik, air, gas, telepon, bahkan internet. Jangan sampai Anda tidak siap dengan pengeluaran-pengeluaran seperti itu dan membuat Anda menjadi shock!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *